ASSESMENT
Diajukan guna memenuhi tugas Ujian Akhir (UAS)
Semester Ganjil
Mata Kuliah Assesment
Dosen Pengampu Edy Chandra, S.Si, M.A
Disusun oleh:
AENUL FAHMI
KHALIK
14121610738
KEMENTRIAN AGAMA
REPUBLIK INDONESIA
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI
CIREBON
2015
Mata Pelajaran :
Biologi
Kelas/ Semester :
X IPA/ Ganjil
Materi Pokok :
Archaebacteria dan Eubacteria
A.
Kompetensi Inti
KI
1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI
2: Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI
3: Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,
dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4: Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak Terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman ekosistem dan lingkungan
hidup.
1.2 Menyadari dan mengagumi pola piker
ilmiah dalam kemampuasn mengamati bioproses.
1.3 Pekal dan peduli tentang
permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai
manifestasi ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun,
jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi
dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan
dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan dari
lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan
pengamatan dan percobaan di laboratorium dan lingkungan sekitar.
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan archaebacteria dan eubacteria
berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
4.4 Menyajikan data tentang
ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria dalam Kehidupan berdasarkan hasil pengamatan
dalam bentuk laporan tertulis.
C.
Indikator
1.
Mengemukakan ciri-ciri Eubacteria dan
Archaebacteria.
2.
Mendeskripsikan gambar bacteri lengkap
dengan keterangannya.
3.
Mengemukakan reproduksi bakteri
(vegetatif dan generatif).
4.
Mengemukakan macam-macam bakteri berdasarkan
bentuk.
5.
Mengemukakan macam-macam bakteri
berdasarkan cara memperoleh makanan.
6.
Mengemukakan macam-macam bakteri
berdasarkan cara memperoleh oksigen.
7.
Mengemukakan peran bakteri
menguntungkan.
8.
Mengemukakan peran bakteri merugikan.
9.
Mendeskripsikan pemberantasan penyakit
oleh bakteri pada manusia.
10.
Mendeskripsikan pengecatan dengan
metode gram.
11.
Pembuatan Nata de Coco
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Bukti
atau Jenis Bukti
|
Metode
Assesment
|
Perangkat
Assesment
|
1.1.
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang Keanekaragaman hayati, Tumbuhan dan lingkungan hidup
|
Mensyukuri ciptaan Tuhan melalui
pengamatan terhadap bakteri yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan
dengan tayangan video, gambar, dan melihat alam sekitar.
|
Hasil
observasi
self
assessment
(bukti
langsung)
|
Observasi
self
assesment
|
Lembar
observasi (angket)
Lampiran
4
|
Hasil Observasi
Sikap
(Langsung)
|
Observasi
Peer Assessment
|
Lembar
observasi (angket)
Lampiran
4
|
||
2.1.Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
|
1. 1. Peserta didik
dapat menunjukkan sikap jujur dalam melaporkan hasil pengamatan.
2. 2. Peserta didik
dapat menunjukkan sikap disiplin dalam mengerjakan tugas.
3. 3. Peserta didik
dapat menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
4. 4. Peserta didik
dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
5. 5. Peserta didik
dapat menunjukkan kemampuan bekerjasama dengan teman.
|
Hasil
Observasi Performance Assessment oleh Teman
Sebaya (Langsung)
|
Observasi
peer
assesment
|
Lembar
observasi (ceklis)
Lampiran
2
|
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan archaebacteria dan eubacteria
berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
|
1. 1. Mengemukakan
ciri-ciri Eubacteria.
2. 2. Mengemukakan
struktur tubuh bakteri
3 3. Mengemukakan
reproduksi bakteri (generatif)
4. 4. Mengemukakan
peranan bakteri menguntungkan
5. 5. Mengemukakan
peranan bakteri merugikan
|
Hasil
Observasi Instrumen Penilaian pengetahuan
|
Lembar
pengamatan instrument penilaian pengetahuan
|
Lembar
observasi
(soal)
Lampiran
1
|
4.4 Menyajikan
data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria
dan eubacteria dalam Kehidupan berdasarkan hasil
pengamatan dalam bentuk
laporan tertulis.
|
Membuat
Nata de Coco
|
Hasil
pengamatan/ praktikum (langsung)
|
Observasi
/ pengamatan/ praktikum
|
Assessment
produk/projek
Lampiran
3
|
Lampiran 1
Kompensi yang akan dinilai : Pengetahuan
Bentuk Penilaian : Tes Tulis
Satuan Pelajaran : SMA/ MA
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran : X/Ganjil
Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan
Arcaebacteria dan Eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui
pengamatan secara teliti dan sistematis.
Standar Kompetensi Lulusan/SKL:
Sikap : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap
orang beriman,berakhlak mulia, bertanggung
jawab dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial, menempatkan
diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Pengetahuan: Memiliki
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, penyebab serta
dampak fenomena dan kejadian.
Keterampilan : Memiliki kemampuan
pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak pengembangan dari
yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
Kompetensi Inti
(KI)
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
: Mengembangkan perilaku
(jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah, lingkungan, gotong
royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 : Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Materi pokok:
•
Ciri-ciri
Eubacteria.
•
Struktur tubuh
bakteri
•
Reproduksi
bakteri (generatif).
•
Peranan bakteri
menguntungkan.
•
Peranan bakteri
merugikan.
Indikator aspek pengetahuan
1.
Mengemukakan
ciri-ciri Eubacteria.
2.
Mengemukakan
struktur tubuh bakteri
3.
Mengemukakan
reproduksi bakteri (generatif)
4.
Mengemukakan
peranan bakteri menguntungkan
5.
Mengemukakan
peranan bakteri merugikan
Kisi-kisi soal untuk aspek pengetahuan.
No.
|
KD.3.4
|
Materi
|
Indikator
|
Aspek
|
• Ciri-ciri
Eubacteria.
|
Mengemukakan ciri-ciri Eubacteria.
|
C3
|
||
• Struktur
tubuh bakteri
|
Mengemukakan struktur tubuh bakteri
|
C3
|
||
• Reproduksi
bakteri (generatif)
|
Mengemukakan
reproduksi bakteri (generatif)
|
C3
|
||
•Peranan
bakteri menguntungkan.
|
Mengemukakan peranan bakteri menguntungkan
|
C3
|
||
•Peranan
bakteri merugikan.
|
Mengemukakan peranan bakteri merugikan
|
C3
|
Soal Essay
1.
Kemukakan
dengan pendapatmu tentang karakteristik/ciri-ciri Eubacteria.
2.
Kemukakan
dengan pendapatmu tentang struktur tubuh bakteri.
3.
Kemukakan
pendapatmu tentang reproduksi bakteri (generatif).
4.
Kemukakan
pendapatmu tentang peranan bakteri menguntungkan (bidang industri): nama
bakteri dan produk minimal 10.
5.
Kemukakan pendapatmu
tentang Kemukakan pendapatmu tentang peranan bakteri merugikan (patogen pada
manusia): nama bakteri dan penyakit minimal 10.
Kunci jawaban
1.
Ciri-ciri Eubacteria
a)
Dinding selnya mengandung peptidoglikan
b) Ribosomnya mengandung satu jenis RNA Polimerase
c)
Membran plasma mengandung lipid dengan
ikatan ester
2.
Struktur tubuh bakteri

3.
Reproduksi Generatif
Yakni dengan konjugasi paraseksual yang
terdiri atas tahap-tahap berikut:
Ø Konjugasi: perpindahan materi genetik secara langsung
melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel
bakteri yang berdekatan. Biasanya terjadi pada bakteri gram – (Escherichia coli)
Ø Transduksi: pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke
sel bakteri lain dengan perantaraan organisme lain (bakteriofage atau virus)
Ø Transformasi: pemindahan sedikit materi genetik (satu
gen)
4.
Peranan bakteri menguntungkan:
Bidang industri
· Acetobacter
aceti :
asam cuka
· Azetobacter
xylium :
nata de coco
· Brefibacterium
flalum : asam amino glutamat
· Bacillus
thuringiensis :
racun pembunuh serangga
· Clostridium
butiricum : asam butirat
· Clostridium
acetobutylicum :
aseton/butanol
· Lactobacillus
casei :
keju/yakult
· Lactobacillus
bulgaricus :
yogurt
· Metanobacterium
metanica :
gas bio
· Metanobacterium
sp :
CH4 (bioinsektisida)
5.
Peranan merugikan (patogen pada
manusia)
No.
|
Nama Bakteri
|
Penyakit
|
Infeksi pada
|
1.
|
Bacillus
anthracis
|
Antrax
|
Saluran pernafasan, otak
|
2.
|
Clostridium
tetani
|
Tetanus
|
Otot
|
3.
|
Coxiela
burneti
|
Demam
|
Pusat panas di otak
|
4.
|
Chlamydia
thrachomatis
|
Radang
|
Mata
|
5.
|
Corynebacterium
difteriae
|
Difteri
|
Saluran pernafasan
|
6.
|
Diplococcus
pneumonia
|
Pneumonia
|
Paru-paru
|
7.
|
Haemophyllus
influenza
|
Flu
|
Radang sel otak
|
8.
|
Klebsiella
pneumonia
|
Infeksi
|
Saluran pernafasan, seni, usus
|
9.
|
Mycobacterium
tuberculosis
|
TBC
|
Paru-paru
|
10.
|
Mycobacterium
leprae
|
Lepra
|
Kulit (kusta)
|
Scor penilaian: tiap satu nomor maksimal nilai 20.
20 x 5 = 100
Lampiran 2
Kompetensi yang dinilai :
Penilaian Sikap (Observasi)
Satuan pendidikan :
SMA/ MA
Mata pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran : X/Ganjil
Kompetensi
Dasar
2.1 Berperilaku
ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli lingkungan, kerjasama) dalam melakukan percobaan dan
diskusi di dalam kelas maupun di luar
kelas.
Indikator
1.
Peserta didik
dapat menunjukkan sikap jujur dalam melaporkan hasil pengamatan.
2.
Peserta didik
dapat menunjukkan sikap disiplin dalam mengerjakan tugas.
3.
Peserta didik
dapat menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
4.
Peserta didik
dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
5.
Peserta didik
dapat menunjukkan kemampuan bekerjasama dengan teman.
Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
Nama Peserta Didik :
Nomor Absen :
Materi saat di observasi :
Tanggal Observasi :
No.
|
Sikap
|
Kriteria
|
Hasil pengamatan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Jujur
Disiplin
Tanggung jawab
Peduli Lingkungan
Kerjasama
|
1. Melaporkan data dengan kenyataan/sesuai dengan yang
diamati.
2. Menyampaikan pendapat
3. disertai data konkret/data yang diamati.
1.
Mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
2.
Mengumpulkan hasil pekerjaan tepat waktu.
1.
Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
2.
Menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas.
1.
Membersihkan meja dan kursi yang ditempatnya/ meja dan kursi yang
ditempati dalam keadaan bersih dan rapi.
2.
Menata menempatkan kembali alat/bahan/buku/sumber belajar lainnya dengan
rapi atau menempatkan kembali pada tempat semula.
1.
Menghargai pendapat teman.
2.
Mengambil bagian dalam kerja kelompok.
Skor maksimum: 100
|
Catatan:
Nilai = Skor perolehan x 100%
10
Lampiran 3
Penilaian kompetensi ketrampilan : Penilaian Proyek
Satuan pendidikan :
SMA/ MA
Mata pelajaran :
Biologi
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran : X/Ganjil
Kompetensi
Dasar
4.4 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran
Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan
dalam bentuk laporan tertulis.
Indikator
1.
Membuat nata de
coco.
Tugas proyek:
1.
Empat kelompok
2.
Prinsip : hasilnya enak dikonsumsi
3.
Waktu : ± 1 minggu.
4.
Ukuran : gelas bekas aqua
FORMAT
PENILAIAN PROYEK
Mata Pelajaran :
Biologi
Materi :
Peran bakteri menguntungkan
Hari/Tanggal :
Nama Kelompok :
Kelas :
Lama Pengerjaaan Proyek :
No.
|
Aspek
|
Hasil Penilaian
|
|||
Baik Sekali
(Skor 4)
|
Baik
(Skor 3)
|
Cukup
(Skor 2)
|
Kurang
(Skor 1)
|
||
1.
|
Perencanaan
|
||||
a. Menentukan
bahan
b. Menemukan
alat
c. Menemukan
sumber informasi
|
|||||
2.
|
Pelaksanaan
|
||||
a. Proses
pembuatan
b. Proses
penyelesaian (finishing)
|
|||||
3.
|
Laporan proyek
|
||||
a. Kelengkapan
ketelitian
b. Ketelitian
laporan
c. Ketepatan
waktu pengumpulan
|
Lampiran 4
Kompetensi
Dasar
1.1
Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman ekosistem dan
lingkungan hidup.
Indikator
Mensyukuri ciptaan Tuhan melalui pengamatan terhadap
bakteri yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan dengan tayangan video,
gambar, dan melihat alam sekitar.
Format Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
Kelas:
.....................................................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
Pengamatan Sikap
|
||||||||||||
Keterbukaan
|
Ketekunan Belajar
|
Kerajinan
|
Tanggap Rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah dengan teman
|
Hormat pada orang tua
|
Kejujuran
|
Menepati janji
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
NILAI RATA2 (Kwalitatif)
|
||
Skala Penilaian
Sikap:
1 = Sangat
Kurang (SK)
2 = Kurang
Konsisten (Kurang
= K)
3 = Mulai
Konsisten (Cukup
= C)
4 = Konsisten
(Baik = B)
5 = Selalu
Konsisten (Sangat Baik
= SB)
Komentar