Langsung ke konten utama

Assesment



ASSESMENT 


Diajukan guna memenuhi tugas Ujian Akhir (UAS) Semester Ganjil
Mata Kuliah Assesment
Dosen Pengampu Edy Chandra, S.Si, M.A






 





Disusun oleh:
AENUL FAHMI KHALIK
14121610738


KEMENTRIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEKH NURJATI CIREBON
2015

Mata Pelajaran                        : Biologi
Kelas/ Semester                       : X IPA/ Ganjil
Materi Pokok                          : Archaebacteria dan Eubacteria

A.    Kompetensi Inti
KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif dan  menunjukan   sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa  dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan  humaniora dengan  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan  peradaban terkait  fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan  prosedural pada bidang kajian yang  spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya  untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak Terkait dengan  pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan  mampu menggunakan   metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman ekosistem dan lingkungan hidup.
1.2 Menyadari dan mengagumi pola piker ilmiah dalam kemampuasn mengamati bioproses.
1.3 Pekal dan peduli tentang permasalahan lingkungan hidup, menjaga dan menyayangi lingkungan sebagai manifestasi ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan  dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan  dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
2.2 Peduli terhadap keselamatan dari lingkungan dengan menerapkan prinsip keselamatan kerja saat melakukan kegiatan pengamatan dan percobaan di laboratorium dan lingkungan sekitar.
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria   berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
4.4 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria  dalam Kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam     bentuk laporan tertulis.
C.    Indikator
1.    Mengemukakan ciri-ciri Eubacteria dan Archaebacteria.
2.    Mendeskripsikan gambar bacteri lengkap dengan keterangannya.
3.    Mengemukakan reproduksi bakteri (vegetatif dan generatif).
4.    Mengemukakan macam-macam bakteri berdasarkan bentuk.
5.    Mengemukakan macam-macam bakteri berdasarkan cara memperoleh makanan.
6.    Mengemukakan macam-macam bakteri berdasarkan cara memperoleh oksigen.
7.    Mengemukakan peran bakteri menguntungkan.
8.    Mengemukakan peran bakteri merugikan.
9.    Mendeskripsikan pemberantasan penyakit oleh bakteri pada manusia.
10.    Mendeskripsikan pengecatan dengan metode gram.
11.  Pembuatan Nata de Coco





Kompetensi Dasar
Indikator
Bukti atau Jenis Bukti
Metode Assesment
Perangkat Assesment
1.1.  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang Keanekaragaman hayati, Tumbuhan dan lingkungan hidup


Mensyukuri ciptaan Tuhan melalui pengamatan terhadap bakteri yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan dengan tayangan video, gambar, dan melihat alam sekitar.

Hasil observasi
self assessment
(bukti langsung)

Observasi
self assesment

Lembar observasi (angket)
Lampiran 4

Hasil Observasi
Sikap
(Langsung)
Observasi
Peer Assessment
Lembar observasi (angket)
Lampiran 4
2.1.Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
1.   1. Peserta didik dapat menunjukkan sikap jujur dalam melaporkan hasil pengamatan.
2.   2. Peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam mengerjakan tugas.
3.  3. Peserta didik dapat menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
4.  4. Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
5. 5. Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan bekerjasama dengan teman.

Hasil Observasi Performance Assessment oleh Teman Sebaya (Langsung)

Observasi
peer assesment
Lembar observasi (ceklis)
Lampiran 2
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria   berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
1. 1. Mengemukakan ciri-ciri Eubacteria.
2. 2. Mengemukakan struktur tubuh bakteri
3 3. Mengemukakan reproduksi bakteri (generatif)
4.  4. Mengemukakan peranan bakteri menguntungkan
5.  5. Mengemukakan peranan bakteri merugikan





Hasil Observasi Instrumen Penilaian pengetahuan




Lembar pengamatan instrument penilaian pengetahuan
Lembar observasi
(soal)
Lampiran 1
4.4 Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran archaebacteria dan eubacteria  dalam Kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam            bentuk laporan tertulis.

Membuat Nata de Coco
Hasil pengamatan/ praktikum (langsung)
Observasi / pengamatan/ praktikum
Assessment produk/projek
Lampiran 3













Lampiran 1

Kompensi yang akan dinilai                : Pengetahuan
Bentuk Penilaian                                 : Tes Tulis
Satuan Pelajaran                                  : SMA/ MA
Mata Pelajaran                                    : Biologi
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran         : X/Ganjil

Kompetensi Dasar
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan Arcaebacteria dan Eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.

Standar Kompetensi Lulusan/SKL:
Sikap   : Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap orang beriman,berakhlak   mulia, bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif dalam lingkungan sosial, menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
Pengetahuan: Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, penyebab serta dampak fenomena dan kejadian.
Keterampilan      :  Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.

Kompetensi Inti (KI)
KI 1    :     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah, lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3    :     Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4    :     Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Materi pokok:
      Ciri-ciri Eubacteria.
      Struktur tubuh bakteri
      Reproduksi bakteri (generatif).
      Peranan bakteri menguntungkan.
      Peranan bakteri merugikan.

Indikator aspek pengetahuan
1.    Mengemukakan ciri-ciri Eubacteria.
2.    Mengemukakan struktur tubuh bakteri
3.    Mengemukakan reproduksi bakteri (generatif)
4.    Mengemukakan peranan bakteri menguntungkan
5.    Mengemukakan peranan bakteri merugikan

Kisi-kisi soal untuk aspek pengetahuan.
No.
KD.3.4
Materi
Indikator
Aspek


 Ciri-ciri Eubacteria.
Mengemukakan ciri-ciri Eubacteria.
C3


 Struktur tubuh bakteri
Mengemukakan struktur tubuh bakteri
C3


 Reproduksi bakteri (generatif)
 Mengemukakan reproduksi bakteri (generatif)
C3


Peranan bakteri menguntungkan.
Mengemukakan peranan bakteri menguntungkan
C3


Peranan bakteri merugikan.
Mengemukakan peranan bakteri merugikan
C3

Soal Essay
1.    Kemukakan dengan pendapatmu tentang karakteristik/ciri-ciri Eubacteria.
2.    Kemukakan dengan pendapatmu tentang struktur tubuh bakteri.
3.    Kemukakan pendapatmu tentang reproduksi bakteri (generatif).
4.    Kemukakan pendapatmu tentang peranan bakteri menguntungkan (bidang industri): nama bakteri dan produk minimal 10.
5.    Kemukakan pendapatmu tentang Kemukakan pendapatmu tentang peranan bakteri merugikan (patogen pada manusia): nama bakteri dan penyakit minimal 10.

Kunci jawaban
1.    Ciri-ciri Eubacteria
a)    Dinding selnya mengandung peptidoglikan
b)   Ribosomnya mengandung satu jenis RNA Polimerase
c)    Membran plasma mengandung lipid dengan ikatan ester

2.    Struktur tubuh bakteri

3.    Reproduksi Generatif
Yakni dengan konjugasi paraseksual yang terdiri atas tahap-tahap berikut:
Ø  Konjugasi: perpindahan materi genetik secara langsung melalui kontak sel dengan membentuk struktur seperti jembatan diantara dua sel bakteri yang berdekatan. Biasanya terjadi pada bakteri gram – (Escherichia coli)
Ø  Transduksi: pemindahan materi genetik satu sel bakteri ke sel bakteri lain dengan perantaraan organisme lain (bakteriofage atau virus)
Ø  Transformasi: pemindahan sedikit materi genetik (satu gen)
4.    Peranan bakteri menguntungkan:
Bidang industri
·      Acetobacter aceti                     : asam cuka
·      Azetobacter xylium                  : nata de coco
·      Brefibacterium flalum              : asam amino glutamat
·      Bacillus thuringiensis              : racun pembunuh serangga
·      Clostridium butiricum : asam butirat
·      Clostridium acetobutylicum     : aseton/butanol
·      Lactobacillus casei                  : keju/yakult
·      Lactobacillus bulgaricus         : yogurt           
·      Metanobacterium metanica     : gas bio
·      Metanobacterium sp                : CH4 (bioinsektisida)
5.    Peranan merugikan (patogen pada manusia)
No.
Nama Bakteri
Penyakit
Infeksi pada
1.
Bacillus anthracis
Antrax
Saluran pernafasan, otak
2.
Clostridium tetani
Tetanus
Otot
3.
Coxiela burneti
Demam
Pusat panas di otak
4.
Chlamydia thrachomatis
Radang
Mata
5.
Corynebacterium difteriae
Difteri
Saluran pernafasan
6.
Diplococcus pneumonia
Pneumonia
Paru-paru
7.
Haemophyllus influenza
Flu
Radang sel otak
8.
Klebsiella pneumonia
Infeksi
Saluran pernafasan, seni, usus
9.
Mycobacterium tuberculosis
TBC
Paru-paru
10.
Mycobacterium leprae
Lepra
Kulit (kusta)

Scor penilaian: tiap satu nomor maksimal nilai 20.
20 x 5 = 100





























Lampiran 2

Kompetensi yang dinilai                     : Penilaian Sikap (Observasi)
Satuan pendidikan                              : SMA/ MA
Mata pelajaran                                     : Biologi
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran         : X/Ganjil

Kompetensi Dasar
2.1       Berperilaku ilmiah (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli lingkungan,        kerjasama) dalam melakukan percobaan dan diskusi di dalam kelas   maupun di luar kelas.
Indikator
1.    Peserta didik dapat menunjukkan sikap jujur dalam melaporkan hasil pengamatan.
2.    Peserta didik dapat menunjukkan sikap disiplin dalam mengerjakan tugas.
3.    Peserta didik dapat menunjukkan sikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
4.    Peserta didik dapat menunjukkan sikap peduli terhadap lingkungan.
5.    Peserta didik dapat menunjukkan kemampuan bekerjasama dengan teman.

Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
Nama Peserta Didik                :
Nomor Absen                          :
Materi saat di observasi          :
Tanggal Observasi                   :
No.
Sikap
Kriteria
Hasil pengamatan
Ya
Tidak
1.









2.






3.






4.

















5.
Jujur









Disiplin






Tanggung jawab






Peduli Lingkungan
















Kerjasama
1.    Melaporkan data dengan kenyataan/sesuai dengan yang diamati.
2.    Menyampaikan pendapat
3.    disertai data konkret/data yang diamati.
1.    Mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan.
2.    Mengumpulkan hasil pekerjaan tepat waktu.
1.    Melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru.
2.    Menyelesaikan pekerjaan sampai tuntas.
1.    Membersihkan meja dan kursi yang ditempatnya/ meja dan kursi yang ditempati dalam keadaan bersih dan rapi.
2.    Menata menempatkan kembali alat/bahan/buku/sumber belajar lainnya dengan rapi atau menempatkan kembali pada tempat semula.
1.    Menghargai pendapat teman.
2.    Mengambil bagian dalam kerja kelompok.
Skor maksimum: 100



Catatan:
Nilai = Skor perolehan  x 100%
                    10









Lampiran 3

Penilaian kompetensi ketrampilan       : Penilaian Proyek
Satuan pendidikan                              : SMA/ MA
Mata pelajaran                                     : Biologi
Kelas/Semester/Tahun Pelajaran         : X/Ganjil

Kompetensi Dasar
4.4  Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran Archaebacteria dan Eubacteria dalam kehidupan berdasarkan hasil pengamatan dalam bentuk laporan tertulis.

Indikator
1.    Membuat nata de coco.

Tugas proyek:
1.    Empat kelompok
2.    Prinsip             : hasilnya enak dikonsumsi
3.    Waktu             : ± 1 minggu.
4.    Ukuran            : gelas bekas aqua

FORMAT PENILAIAN PROYEK
Mata Pelajaran                        : Biologi
Materi                                      : Peran bakteri menguntungkan
Hari/Tanggal                           :
Nama Kelompok                     :
Kelas                                       :
Lama Pengerjaaan Proyek       :
No.
Aspek
Hasil Penilaian
Baik Sekali
(Skor 4)
Baik
(Skor 3)
Cukup
(Skor 2)
Kurang
(Skor 1)
1.
Perencanaan





a.     Menentukan bahan
b.    Menemukan alat
c.     Menemukan sumber informasi




2.
Pelaksanaan





a.     Proses pembuatan
b.    Proses penyelesaian (finishing)




3.
Laporan proyek





a.     Kelengkapan ketelitian
b.    Ketelitian laporan
c.     Ketepatan waktu pengumpulan























Lampiran 4

Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman ekosistem dan lingkungan hidup.
Indikator
Mensyukuri ciptaan Tuhan melalui pengamatan terhadap bakteri yang menguntungkan ataupun tidak menguntungkan dengan tayangan video, gambar, dan melihat alam sekitar.
Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
Kelas: .....................................................................
NO
NAMA
SISWA
Pengamatan Sikap
Keterbukaan
Ketekunan Belajar
Kerajinan
Tanggap Rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
NILAI RATA2 (Kwalitatif)






























































































































































































































































































Skala Penilaian Sikap:
1 = Sangat Kurang (SK)
2 = Kurang Konsisten (Kurang = K)
3 = Mulai Konsisten (Cukup = C)
4 = Konsisten (Baik = B)
5 = Selalu Konsisten (Sangat Baik = SB)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioteknologi “Peran Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam”

MAKALAH BIOTEKNOLOGI  “ Peran   Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam ”                  Mata Kuliah          : Bioteknologi           Dosen Pengampu      : Ina Rosdiana Lesmanawati, M.Si    Disusun Oleh : AENUL FAHMI KHALIK (14121610738) BIOLOGI C/ VI TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 PEMBAHASAN A.     Bioteknologi dan Bioremediasi Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan. Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan tersebut, sebuah peristiwa yang disebut biotransformas...

MAKALAH KURIKULUM 2013

MAKALAH KURIKULUM 2013 Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar pendidikan semester 1 Dosen Pembimbing : H. Syamsuni , M.pd   Di susun oleh : Nama : Eva Shaumitaria PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRALODRA 2017/2018 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya Kapanjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tetentang kurikulum 2013 .             Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Akhir kata saya berharap semoga makalah tentang kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.         ...

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN Diajukan guna memenuhi tugas terstruktur Mata Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi Dosen Pengampu: Edy Chandra, S.Si, M.A   Disusun oleh: KELOMPOK 4 AENUL FAHMI KHALIK ADE IDRUS HARIRI DEA RIZKI Z IIN I’ANAH LILIS AGUSTINA SYIFA MUSTIKA USWATUH S BIOLOGI C/6 TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Penelitian dilakukan berdasarkan atas keingintahuan ataupun ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Metode berpikir ilmiah pada dasarnya adalah sejumlah pengetahuan yang berkaitan dengan jalan atau cara yang ditempuh oleh pikiran manusia untuk mencapai kesimpulan atau putusan yang sah dan benar. Penelitian merupakan aktivitas ilmiah yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan...