Langsung ke konten utama

LEMBAR ASSESMENT


Penilaian

1.     Jenis/teknik penilaian

Sikap:
·         Obsevasi
§  Aspek pengamatan
o   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
o   Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari  ilmu pengetahuan
o   Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas (sikap jujur)
o   Melaporkan data atau informasi apa adanya ( sikap jujur)
o   Mengerjakan tugas yang diberikan(sikap disiplin)
o   Melaksanakan tugas individu dengan baik( sikap tanggung jawab)
o   Aktif dalam kerja kelompok ( Sikap kerja sama )
o   Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain (sikap santun)

·         Antar teman
·         Penilaian diri
·         jurnal…

Pengetahuan:
·         tes tertulis
o   objektif
§  PG ( pilihan ganda ) terlampir
§  BS ( betul atau salah )
§  Menjodohkan
§  Jawaban singkat terlampir
§  Melengkapi
o   Non objektif
§  Uraian bebas
§  Uraian terbatas
·         tes lisan
·         penugasan

Keterampilan
·         portofolio
·         praktik
·         proyek

2.    Bentuk instrumen dan instrumen
·         Bentuk instrument

·         Instrument terlampir


3.    Pedoman penskoran

Petunjuk :

Skor penilaian  aspek Sikap Spiritual dan  Soasial dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan












Mengetahui                                                          Indramayu,  juni  2014
Kepala SMAN 2 Indramayu,                                Guru Mata Pelajaran Biologi,



Drs. Winanto                                                       Aenul Fahmi Khalik
NIP. 19****** ****** ****                                    NIP 19***** ****** ****






















Lampiran:
                                                            
Instrumen Penilaian  Sikap Spiritual dan Sosial:

Lembar Pengamatan Sikap

Kelas                                       : X IPA.
Hari, tanggal                           : ……………………….
Materi Pokok/Tema                 : archaebacteria dan eubacteriass

No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Tekun
Gotong royong
Santun
Percaya diri
Jumlah Skor
1
Abdul Haris
3
3
4
4
4
4
4
26



































Petunjuk Penskoran :
Skor penilaian  aspek Sikap Spiritual dan  Soasial dengan kriteria sebagai berikut: Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
       4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
       3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
             melakukan
       2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
       1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Jika Skor diperoleh 26, skor maksimal 4 x 8 pernyataan = 32, maka skor akhir :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai

Sangat Baik   : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup                        : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang           : apabila memperoleh skor :  skor ≤ 1,33

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioteknologi “Peran Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam”

MAKALAH BIOTEKNOLOGI  “ Peran   Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam ”                  Mata Kuliah          : Bioteknologi           Dosen Pengampu      : Ina Rosdiana Lesmanawati, M.Si    Disusun Oleh : AENUL FAHMI KHALIK (14121610738) BIOLOGI C/ VI TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 PEMBAHASAN A.     Bioteknologi dan Bioremediasi Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan. Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan tersebut, sebuah peristiwa yang disebut biotransformas...

MAKALAH KURIKULUM 2013

MAKALAH KURIKULUM 2013 Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar pendidikan semester 1 Dosen Pembimbing : H. Syamsuni , M.pd   Di susun oleh : Nama : Eva Shaumitaria PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRALODRA 2017/2018 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya Kapanjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tetentang kurikulum 2013 .             Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Akhir kata saya berharap semoga makalah tentang kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.         ...

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN Diajukan guna memenuhi tugas terstruktur Mata Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi Dosen Pengampu: Edy Chandra, S.Si, M.A   Disusun oleh: KELOMPOK 4 AENUL FAHMI KHALIK ADE IDRUS HARIRI DEA RIZKI Z IIN I’ANAH LILIS AGUSTINA SYIFA MUSTIKA USWATUH S BIOLOGI C/6 TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Penelitian dilakukan berdasarkan atas keingintahuan ataupun ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Metode berpikir ilmiah pada dasarnya adalah sejumlah pengetahuan yang berkaitan dengan jalan atau cara yang ditempuh oleh pikiran manusia untuk mencapai kesimpulan atau putusan yang sah dan benar. Penelitian merupakan aktivitas ilmiah yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan...