Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
Sikap:
·
Obsevasi
§ Aspek pengamatan
o Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
o Merasakan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
o Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
(sikap jujur)
o Melaporkan data atau informasi apa
adanya ( sikap jujur)
o Mengerjakan tugas yang
diberikan(sikap disiplin)
o Melaksanakan tugas individu dengan
baik( sikap tanggung jawab)
o Aktif dalam kerja kelompok ( Sikap
kerja sama )
o Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa) saat bertemu orang lain (sikap santun)
·
Antar teman
·
Penilaian diri
·
jurnal…
Pengetahuan:
·
tes tertulis
o
objektif
§ PG
( pilihan ganda ) terlampir
§ BS
( betul atau salah )
§ Menjodohkan
§ Jawaban
singkat terlampir
§ Melengkapi
o
Non objektif
§ Uraian
bebas
§ Uraian
terbatas
·
tes lisan
·
penugasan
Keterampilan
·
portofolio
·
praktik
·
proyek
2. Bentuk instrumen dan instrumen
·
Bentuk instrument
·
Instrument terlampir
3. Pedoman penskoran
Petunjuk :
Skor penilaian aspek Sikap Spiritual dan Soasial dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Mengetahui Indramayu, juni 2014
Kepala SMAN 2 Indramayu, Guru Mata
Pelajaran
Biologi,
Drs. Winanto
Aenul
Fahmi Khalik
NIP. 19****** ****** ****
NIP 19*****
****** ****
Lampiran:
Instrumen Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas : X IPA.
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema :
archaebacteria dan eubacteriass
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung
Jawab
|
Tekun
|
Gotong
royong
|
Santun
|
Percaya
diri
|
Jumlah
Skor
|
|||
1
|
Abdul
Haris
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
26
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor penilaian aspek Sikap Spiritual dan Soasial dengan kriteria sebagai berikut: Skor
akhir menggunakan skala 1 sampai 4
4= selalu,
apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3= sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak
pernah melakukan
Perhitungan skor akhir menggunakan
rumus :
Contoh :
Jika
Skor diperoleh 26, skor maksimal 4 x 8 pernyataan = 32, maka skor akhir :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun
2013 peserta didik memperoleh nilai
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh
skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤
1,33
Komentar