MAKALAH
PENGANTAR PENDIDIKAN
MENGANTISIPASI MASYARAKAT MASA DEPAN MELALUI
PENDIDIKAN
Diajukan guna memenuhi tugas
terstruktur Mata Kuliah Pengantar Pendidikan
Dosen
Pengajar H.Syamsyuni ,M pd.
Disusun Oleh:
NUR LAILI FAUZIAH
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS WIRALODRA
KATA PENGANTAR
Bismillahirahmanhirrahim
Assalamualaikum
wa Rahmatulloh wa Barakatuh
Puji syukur allhamdullilah kita
sampaikan kehadirat alloh SWT atas segala nikmatnya yang telah di berikan
kepada kita ,sehingga makalah Pengantar Pendidikan telah di buat dengan judul Mengantisipasi
Masyarakat Masa Depan Melalui Pendidikan .
Dengan demikian ,makalah pengantar
pendidikan tentang mengantisipasi masyarakat masa depan di harapkan diketahui
dan di hafal semata oleh mahasiswa,maupun masyarakat luar,dan dapat di pahami
,di hayati untuk mengantisipasi masyarakat masa depan melalui pendidikan .
Saya menyadari masih dapat kekurangan dalam makalah
pengantar pendidikan ini ,untuk itu kritik dan saran ,dan masukan terhadap
penyempurna makalah pengantar pendidikan ini sangat di harapkan ,semoga malah
pengantar pendidikan dengan judul mengantisipasi masyarakat masa depan ini bisa
bermanfaat untuk semua masyarakat.
Wassalamualaikum
wa Rahmatullah wa Barakatuh
Indramayu,26
Oktober 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
.......................................................................i
DAFTAR ISI .....................................................................................ii
BAB I PENDAHULUAN
.......................................................................................1
A. Latar Belakang 1
B. Tujuan
1
BAB II PEMBAHASAN ..........................................................................................2
A. Mengantisipasi Masyarakat Masa
Depan Melalui pendidikan 2
B.
Tuntutan Masyarakat Masa Depan
2
C.
Upaya Mengantisipasi Masa D epan
3
D.
Gagasan Garapan Pendidikan Nasional 3
E. Arahan
Mengantisipasi Masa Depan 3
a.
Perubahan Nilai Dan Sikap 3
b. Pengembangan Budaya 4
c. Pengembangan Sarana Pendidik 4
BAB III PENUTUP.................................................................................................5
A.
Kesimpulan 5
ii
BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKAN
Pendidikan selalu bertumpu pada
kesejahtraan ,yakni pengalaman pengalaman masa lampau,kenyataan dan kebutuhan
mendesak masa kini ,dan aspirasi serta harapan masa depan /melalui pendidikan
setiap masyarakat akan melestarikan nilai- nilai luhur sosial kebudayaan yang
telah terukir dengan indahjuga di harapkan nya dalam sejarah bangsa
tersebut.Melalui dengan pendidikan juga diharapkan ditumbuhkan kemampuan untuk
menghadapi tuntutan objektif masa kini ,baik tuntutan dari dalam maupun
tuntutan karena pengaruh dari luar masyarakat yang bersangkutan.Dan akhirnya
,melalui pendidikan akan di tetapkan
langkah-langkah yang akan di pilih yang akan di pilih masa kini sebagai upaya
mewujudkan aspirasi dan harapan di masa depan.
Dalam UU-RI No.22 Tahun 1989 tentang
sistem pendidikan Nasional Pasal 1telah ditetepkan antara lain bahwa “pendidikan
adalah usaha dasar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan
,pengajaran,dan atau latihan sebagaiperanan dimasa yang akan mendatang.
B.TUJUAN
Memahami berbagai upaya pendidikan untuk
mengatisipasi masa depan ,baik yang
berkenan dengan penyiapan manusia maupun yang berkenan dengan perubahan
sosio-kultar,serta pengembangan sarana pendidikan untuk mendukung upaya-upaya
yang sedang atau di laksanakan
1
BAB
11.PEMBAHASAN
A.
ANTISIPASI
MASYARAKAT MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN\\
Masyarakat masa depan dengan ciri
globalisasi,emajuan iptek ,dan kesempatan menerima arus informasiyang padat dan
cepat,dan sebagainya,tentulan memerlukan warga yang mampu tersebut.Pengembangan
pendidikan yang dalam masyang sedang
berubah dengan cepat harusla dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan
sistematis dan sistemati.
Penggarapan pembaruan pendidikan
tersebut harus menyeluruh mulai pada lapis system atau nasional,lapis
institusiona,sampai pada lapis individual .pada lapis system secara nasional
telah di tetepkan serangkaian kebijakan yang di tuangkan kedalam sejumlah
perundang-undangan utamanya UU-RI No.22 tahun 1989tentang sikdiknas berserta
serangkaian peraturan pelaksanaanya.
Penggarapan pada lapis institusional
berkaitan dengan aspek kelembagaan seperti kurikulum ,stuktur dan mekanisme
pengelolaan,sarana prasarana ,dan lain-lain.
Penggarapan pada lapis indvidual upaya
pembaruan pada semua personal yang terlibat dalam pendidikan , utamanya guru
dan siswa meliputi baik pengetahuan dan keterampilan maupun wawasan serta
sikap.keberhasilan antisipasi terhadap
masa depan pada akhirnya di tentukan oleh kualitas manusia yang sdi hasilkan
oleh pendidikan.
B.
TUNTUTAN
BAGI MANUSIA MASA DEPAN (MODERN)
Tantangan yang harus di
hadapi manusia mmasa depan ,seperti ; Kemampuan menyesuaikan diri dan
memanfaatkan peluang globlisasi dalam berbagai bidanwawasan dan pengetahuan
yang memadai tentang iptek ,kemampuan menyaring dan memanfaatkan arus informasi
yang semakin padat dan cepat ,dan kemampuan berkerja efisien sebagai cikal
bakal kemampuan pfofesional.
C.
UPAYA
MENGANTISIPASI MASA DEPAN
Dalam penjelasan UU-RI
No 22 tahun 1989 di kemukakan sebagai berikut”Dalam rangka pelaksanaan
pembangunan nasional sebagai pengamalan
pancasila di bidang pendidikan ,maka pendidikan nasional mengusahakan ;
1.Pembentukan manusia pancasila sebagai
manusia pembangunan yang tinggi
kualitas dan mandiri.
2.pemberian dukungan pada perkembangan
masyarakar,bangsa,dan negara Indonesia yang terwujud dalam ketahanan nasional
yang tangguh
2
D. GAGASAN DALAM
MENYIAPKAN GARAPAN PENDIDIKAN NASIONA(saran Deliar
Noer dan Isdan kandar Ali Syhbana)
Pendidikan bukan
berurusan dengan tradasmisi dan keterampilan tetapi juga berhubungan dengan
nilai-nilai .hukum,adat istiadat moral dan
Di masa depan mungkin
sekali ada perubahan dan fluktuasi yang berartikan dalam penyebaran penduduk
.oleh sebeb itu,perlu di kembangkan system pendidikan secara luas yang mampu
secara cepat menyesuaikan diri dengan
perubahan tersebut.
Di masa depan perlu
peranan yang seluas-luasnya kepada kaum wanita untuk mendapat kesempatan dalam
pendidikan tuntutan belajar seumur hidup (life long education),tampaknya harus
mendapat perhatian yang lebih memadai di masa mendatang pentingnya media
elektronik dalam [enyebar luasan pendidikan .
E.
UPAY
AMENGANTISPASI MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN DAPAT DI ARAHKAN MELALUI
1.PERUBAHAN NILAI DAN SIKAP
Nilai merupakan norma
,acuan ,dan kaidah yang seharusnya menjadi rujukan prilaku .nilai-nilai tersebut
dapat dapat bersumber dari beberapa hal,seperti agama,morl dan sebagaianya yang
tertulis maupun tidak tertulis .
Salah satu pengaruh
nilai-nilai tersebut dalam sikap
seseorang ,kalau sikap masih bersifat umum maka sikap terkait dengan objek tertentu
dan di sertai dengan kecenderungan untu bertindak sesuai sikap (dapat positif
atau negatif),sedangkan sikap dapat di bedakan menjadi 3 aspek ; 1.aspek
kongnitif
2.aspek afektif
3.aspe k konatif
Pembentukan atau
pengubahan nilai dan sikap dalam diri seseorang dapat di lakukan dengan cara ;
pembiasaan, internalisasi nilai melalui hukuman ,keteladanan ,teknik klrifikasi
nilai dan sebagainya.
3
2.PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN
Salah satu upaya
penting dalam mengantisipasi masa depan dalah upadaya yang berkaitan dengan
pengembangan kebudayaan dalam arti luas,termasuk hal-hal yang berkaitan
dengan srana kehidupan manusia.
Saling berpengaruh
dalam pengembangan kebudayaan di dunia
adalah merupakan hal yang lumrah ,dalam sejarah tercatat bagaimana kebudayaan
pda suatu wilayah tertentu akan mempengaruhi kebudayaan lain di dunia ini.
3.PENGEMBANGAN SARANA PENDIDIKAN
Pendidikan merupkan pilar utama dalam
mengantisipasi masa depan ,karena pendidikan selau di orientasikan
dalampenyiapan peserta ddik untuk berperan di masa yang akan datang .
Pendidikan memepunyai suatu acuan dalam penyesuaian dengan
keadaan yang selalu berubah
,utamanya perkrmbangan masyarakat ,bangsa dan bernegara Indonesia yang akan
datang.
Pendidikan untuk
pengelolaah kependudukan ,lingkungan,berencana ,dan kesehatan .
Pendidikan untuk
pengembangan sistem nilai ,termasuk filsafat,agama ,dan edeologi
4
BAB
III
PENUTUPAN
A. KESIMPULAN
Pendidikan akan menyiapkan peserta
didik masyarakat di masa depan .oleh karena itu keputusan dan tindakan dalam
bidang pendiidkan seharusnya berorientasi ke masyarakat masa depan .
Ciri masyarakat masa depan itu antara
lain ;
Globalisasi ,utamanya dalam iptek
,ekonomi,lingkungan hidup,pendidikan,dan sebagainya .Arus komunikasi semakin
cepat sehingga masyarkat menjadi masyarakat informasi
Berdasarkan perkiraan masyarakat masa
depan tersebut,pendidikan telah atau sedang mengambil langkah-langkah
mengantisipasinya baik pada lapisa
syistem,lapisan institusional,dan lapisan individual.
Dengan demikian pendidikan di harapkan
dapat menghasilkan manusia yang da[at menyesuaikan diri serta mampu
mengembangkan masyarakat masa depannya .secara khusus dapat di di
kemukakan dalam beberapa upaya
mengantisipasi masyarakat masa depan memalui pe
5
DAFTAR PUSTAKA
Dinn,Wahyudin dkk . 2007. Pengantar
pendidikan .jakarta
Tirtahardja,Umar. 2010 . Pengantar pendidikan . Jakarta . PT RINEKA CIPTA
Komentar