Langsung ke konten utama

MAKALAH PENGANTAR PENDIDIKAN MENGANTISIPASI MASYARAKAT MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN


                                                     MAKALAH
                                             PENGANTAR PENDIDIKAN
 MENGANTISIPASI MASYARAKAT MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN

           Diajukan guna memenuhi tugas terstruktur Mata Kuliah Pengantar Pendidikan
                                    Dosen Pengajar H.Syamsyuni ,M pd.





                                         


                                                            Disusun Oleh:
        NUR LAILI FAUZIAH

                                PROGRAM STUDI  PENDIDIKAN BIOLOGI
                          FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
                                            UNIVERSITAS WIRALODRA





              

                                           KATA PENGANTAR
Bismillahirahmanhirrahim
Assalamualaikum wa Rahmatulloh wa Barakatuh
Puji syukur allhamdullilah kita sampaikan kehadirat alloh SWT atas segala nikmatnya yang telah di berikan kepada kita ,sehingga makalah Pengantar Pendidikan telah di buat dengan judul Mengantisipasi Masyarakat Masa Depan Melalui Pendidikan .
Dengan demikian ,makalah pengantar pendidikan tentang mengantisipasi masyarakat masa depan di harapkan diketahui dan di hafal semata oleh mahasiswa,maupun masyarakat luar,dan dapat di pahami ,di hayati untuk mengantisipasi masyarakat masa depan melalui pendidikan .
Saya menyadari  masih dapat kekurangan dalam makalah pengantar pendidikan ini ,untuk itu kritik dan saran ,dan masukan terhadap penyempurna makalah pengantar pendidikan ini sangat di harapkan ,semoga malah pengantar pendidikan dengan judul mengantisipasi masyarakat masa depan ini bisa bermanfaat untuk semua masyarakat.
Wassalamualaikum wa Rahmatullah wa Barakatuh



                                                                                                                        Indramayu,26 Oktober 2017



                                                                                                                                         Penulis

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .......................................................................i

DAFTAR ISI .....................................................................................ii

BAB I PENDAHULUAN .......................................................................................1
A. Latar Belakang                                                                                         1
             B. Tujuan                                                                                                      1
BAB II PEMBAHASAN ..........................................................................................2
A.  Mengantisipasi Masyarakat Masa Depan Melalui pendidikan                2
B.     Tuntutan Masyarakat Masa Depan                                                         2                       
C.     Upaya Mengantisipasi Masa D epan                                                      3
D.    Gagasan Garapan Pendidikan Nasional                                                  3
E.    Arahan Mengantisipasi Masa Depan                                                       3
                a. Perubahan Nilai Dan Sikap                                                                   3    
                b. Pengembangan Budaya                                                                        4 
                c. Pengembangan Sarana Pendidik                                                          4
BAB III PENUTUP.................................................................................................5           

A.    Kesimpulan                                                                                           5                                    



                                                                      ii




BAB 1
PENDAHULUAN
A.   LATAR BELAKAN
Pendidikan selalu bertumpu pada kesejahtraan ,yakni pengalaman pengalaman masa lampau,kenyataan dan kebutuhan mendesak masa kini ,dan aspirasi serta harapan masa depan /melalui pendidikan setiap masyarakat akan melestarikan nilai- nilai luhur sosial kebudayaan yang telah terukir dengan indahjuga di harapkan nya dalam sejarah bangsa tersebut.Melalui dengan pendidikan juga diharapkan ditumbuhkan kemampuan untuk menghadapi tuntutan objektif masa kini ,baik tuntutan dari dalam maupun tuntutan karena pengaruh dari luar masyarakat yang bersangkutan.Dan akhirnya ,melalui pendidikan  akan di tetapkan langkah-langkah yang akan di pilih yang akan di pilih masa kini sebagai upaya mewujudkan aspirasi dan harapan di masa depan.
Dalam UU-RI No.22 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan Nasional Pasal 1telah ditetepkan antara lain bahwa “pendidikan adalah usaha dasar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan ,pengajaran,dan atau latihan sebagaiperanan dimasa yang akan mendatang.

B.TUJUAN
Memahami berbagai upaya pendidikan untuk mengatisipasi masa depan ,baik  yang berkenan dengan penyiapan manusia maupun yang berkenan dengan perubahan sosio-kultar,serta pengembangan sarana pendidikan untuk mendukung upaya-upaya yang sedang atau di laksanakan





                                                                        1                                  

BAB 11.PEMBAHASAN
A.   ANTISIPASI MASYARAKAT MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN\\
Masyarakat masa depan dengan ciri globalisasi,emajuan iptek ,dan kesempatan menerima arus informasiyang padat dan cepat,dan sebagainya,tentulan memerlukan warga yang mampu tersebut.Pengembangan  pendidikan yang dalam masyang sedang berubah dengan cepat harusla dilakukan secara menyeluruh dengan pendekatan sistematis dan sistemati.
Penggarapan pembaruan pendidikan tersebut harus menyeluruh mulai pada lapis system atau nasional,lapis institusiona,sampai pada lapis individual .pada lapis system secara nasional telah di tetepkan serangkaian kebijakan yang di tuangkan kedalam sejumlah perundang-undangan utamanya UU-RI No.22 tahun 1989tentang sikdiknas berserta serangkaian peraturan pelaksanaanya.
Penggarapan pada lapis institusional berkaitan dengan aspek kelembagaan seperti kurikulum ,stuktur dan mekanisme pengelolaan,sarana prasarana ,dan lain-lain.
Penggarapan pada lapis indvidual upaya pembaruan pada semua personal yang terlibat dalam pendidikan , utamanya guru dan siswa meliputi baik pengetahuan dan keterampilan maupun wawasan serta sikap.keberhasilan  antisipasi terhadap masa depan pada akhirnya di tentukan oleh kualitas manusia yang sdi hasilkan oleh pendidikan.
B.     TUNTUTAN BAGI MANUSIA MASA DEPAN (MODERN)
Tantangan yang harus di hadapi manusia mmasa depan ,seperti ; Kemampuan menyesuaikan diri dan memanfaatkan peluang globlisasi dalam berbagai bidanwawasan dan pengetahuan yang memadai tentang iptek ,kemampuan menyaring dan memanfaatkan arus informasi yang semakin padat dan cepat ,dan kemampuan berkerja efisien sebagai cikal bakal kemampuan pfofesional.
                                      
C.    UPAYA MENGANTISIPASI MASA DEPAN
Dalam penjelasan UU-RI No 22 tahun 1989 di kemukakan sebagai berikut”Dalam rangka pelaksanaan pembangunan  nasional sebagai pengamalan pancasila di bidang pendidikan ,maka pendidikan nasional mengusahakan ;
      1.Pembentukan manusia pancasila sebagai manusia pembangunan yang                                  tinggi kualitas dan mandiri.
      2.pemberian dukungan pada perkembangan masyarakar,bangsa,dan negara Indonesia yang terwujud dalam ketahanan nasional yang tangguh



                                                        2                 
D.    GAGASAN DALAM MENYIAPKAN GARAPAN PENDIDIKAN NASIONA(saran Deliar Noer  dan Isdan kandar Ali Syhbana)
Pendidikan bukan berurusan dengan tradasmisi dan keterampilan tetapi juga berhubungan dengan nilai-nilai .hukum,adat istiadat moral dan                                                                                                                        
Di masa depan mungkin sekali ada perubahan dan fluktuasi yang berartikan dalam penyebaran penduduk .oleh sebeb itu,perlu di kembangkan system pendidikan secara luas yang mampu secara  cepat menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.
Di masa depan perlu peranan yang seluas-luasnya kepada kaum wanita untuk mendapat kesempatan dalam pendidikan tuntutan belajar seumur hidup (life long education),tampaknya harus mendapat perhatian yang lebih memadai di masa mendatang pentingnya media elektronik dalam [enyebar luasan pendidikan .

E.     UPAY AMENGANTISPASI MASA DEPAN MELALUI PENDIDIKAN DAPAT DI ARAHKAN MELALUI
   1.PERUBAHAN NILAI DAN SIKAP
Nilai merupakan norma ,acuan ,dan kaidah yang seharusnya menjadi rujukan prilaku .nilai-nilai tersebut dapat dapat bersumber dari beberapa hal,seperti agama,morl dan sebagaianya yang tertulis maupun tidak tertulis .
Salah satu pengaruh nilai-nilai  tersebut dalam sikap seseorang ,kalau sikap masih bersifat umum maka sikap terkait dengan objek tertentu dan di sertai dengan kecenderungan untu bertindak sesuai sikap (dapat positif atau negatif),sedangkan sikap dapat di bedakan menjadi 3 aspek ; 1.aspek kongnitif
                                                                                                  2.aspek afektif
                                                                                                  3.aspe k konatif
Pembentukan atau pengubahan nilai dan sikap dalam diri seseorang dapat di lakukan dengan cara ; pembiasaan, internalisasi nilai melalui hukuman ,keteladanan ,teknik klrifikasi nilai dan sebagainya.
  

      







                                                          3                  



   2.PENGEMBANGAN KEBUDAYAAN
Salah satu upaya penting dalam mengantisipasi masa depan dalah upadaya yang berkaitan dengan pengembangan kebudayaan dalam arti luas,termasuk hal-hal yang berkaitan dengan  srana kehidupan manusia.
Saling berpengaruh dalam pengembangan  kebudayaan di dunia adalah merupakan hal yang lumrah ,dalam sejarah tercatat bagaimana kebudayaan pda suatu wilayah tertentu akan mempengaruhi kebudayaan lain di dunia ini.
  
     3.PENGEMBANGAN SARANA PENDIDIKAN
                Pendidikan merupkan pilar utama dalam mengantisipasi masa depan ,karena pendidikan selau di orientasikan dalampenyiapan peserta ddik untuk berperan di masa yang akan datang .
Pendidikan  memepunyai suatu acuan dalam penyesuaian  dengan  keadaan yang  selalu berubah ,utamanya perkrmbangan masyarakat ,bangsa dan bernegara Indonesia yang akan datang.
Pendidikan untuk pengelolaah kependudukan ,lingkungan,berencana ,dan kesehatan .
Pendidikan untuk pengembangan sistem nilai ,termasuk filsafat,agama ,dan edeologi
           


  
  








                                                                                                                                                                                                                                             

                                                                          4                    

     


BAB III
 PENUTUPAN

            A. KESIMPULAN
            Pendidikan akan menyiapkan peserta didik masyarakat di masa depan .oleh karena itu keputusan dan tindakan dalam bidang pendiidkan seharusnya berorientasi ke masyarakat masa depan .
Ciri masyarakat masa depan itu antara lain ;
Globalisasi ,utamanya dalam iptek ,ekonomi,lingkungan hidup,pendidikan,dan sebagainya .Arus komunikasi semakin cepat sehingga masyarkat menjadi masyarakat informasi
Berdasarkan perkiraan masyarakat masa depan tersebut,pendidikan telah atau sedang mengambil langkah-langkah mengantisipasinya baik pada lapisa  syistem,lapisan institusional,dan lapisan individual.
Dengan demikian pendidikan di harapkan dapat menghasilkan manusia yang da[at menyesuaikan diri serta mampu mengembangkan masyarakat masa depannya .secara khusus dapat di di kemukakan  dalam beberapa upaya mengantisipasi masyarakat masa depan memalui pe







                                                                         5                      




DAFTAR  PUSTAKA

Dinn,Wahyudin dkk . 2007.  Pengantar pendidikan .jakarta
Tirtahardja,Umar. 2010 . Pengantar pendidikan . Jakarta . PT RINEKA CIPTA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioteknologi “Peran Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam”

MAKALAH BIOTEKNOLOGI  “ Peran   Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam ”                  Mata Kuliah          : Bioteknologi           Dosen Pengampu      : Ina Rosdiana Lesmanawati, M.Si    Disusun Oleh : AENUL FAHMI KHALIK (14121610738) BIOLOGI C/ VI TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 PEMBAHASAN A.     Bioteknologi dan Bioremediasi Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan. Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan tersebut, sebuah peristiwa yang disebut biotransformas...

MAKALAH KURIKULUM 2013

MAKALAH KURIKULUM 2013 Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar pendidikan semester 1 Dosen Pembimbing : H. Syamsuni , M.pd   Di susun oleh : Nama : Eva Shaumitaria PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRALODRA 2017/2018 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya Kapanjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tetentang kurikulum 2013 .             Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Akhir kata saya berharap semoga makalah tentang kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.         ...

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN Diajukan guna memenuhi tugas terstruktur Mata Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi Dosen Pengampu: Edy Chandra, S.Si, M.A   Disusun oleh: KELOMPOK 4 AENUL FAHMI KHALIK ADE IDRUS HARIRI DEA RIZKI Z IIN I’ANAH LILIS AGUSTINA SYIFA MUSTIKA USWATUH S BIOLOGI C/6 TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Penelitian dilakukan berdasarkan atas keingintahuan ataupun ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Metode berpikir ilmiah pada dasarnya adalah sejumlah pengetahuan yang berkaitan dengan jalan atau cara yang ditempuh oleh pikiran manusia untuk mencapai kesimpulan atau putusan yang sah dan benar. Penelitian merupakan aktivitas ilmiah yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan...