Langsung ke konten utama

LEMBAR PENIALAIAN SIKAP


1.      Penilaian Afektif /sikap

No
Nama
Aspek Yang Dinilai
Ketrampilan Bertanya
Ketrampilan Berkomunikasi
Kerja Sama
Ketepatan Waktu
Partisipasi
Skor
Nilai
1
BUDI
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2


2


















3


















4


















5


















6


















Aspek yang dinilai dapat disesuaikan

Keterangan :
Rubrik :
Keterampilan Bertanya
1.      Tidak bertanya.
2.      Pertanyaan melenceng dari topic materi yang diangkat.
3.      Pertanyaan sesuai dengan topic materi yang diangkat.
Keterampilan mengkomunikasikan
1.      Jika penyampaian tidak interaktif dengan audience.
2.      Jika penyampaian kurang interaktif dengan audience.
3.      Jika penyampaian interaktif dengan audience.
Ketepatan waktu
1.      Jika lewat 10 menit dari waktu yang disepakati dalam proses diskusi
2.      Jika lewat 5 menit dari waktu yang disepakati dalam proses diskusi.
3.      Jika tepat dengan waktu yang disepakati dalam proses diskusi


Partisipasi
1.      Jika tidak berpastisipasi aktif dalam proses diskusi maupun Tanya jawab.
2.      Jika kurang berpastisipasi aktif dalam proses diskusi maupun Tanya jawab.
3.      Jika sangat berpastisipasi aktif dalam proses diskusi maupun Tanya jawab.

Ø  Skor 0     : tidak lengkap/tidak rapi/tidak ada kerja sama/tidak  tepat waktu/tidak  partisipasi
Ø  Skor 1   : kurang  lengkap/kurang rapi/kurang ada kerja sama/kurang tepat waktu/kurang partisipasi
Ø  Skor 2     : lengkap/rapi/kerja sama baik /tepat waktu/partisipasi baik
Jumlah skor maksimum = 10

                                                 Jumlah Skor perolehan
Nilai yang dicapai     =                                                              X  100
                                                       Skor Maksimal

Keterangan nilai :

90 – 100 = A
70 – 80 = B
50 – 60 = C
Kurang dari 50 = D










2.                    Penilaian Psikomotorik
No
Nama Siswa
Aspek Yang Dinilai
Ketrampilan Menggunakan alat
Ketrampilan pengumpulan data
Ketrampilan  Pengolahan Data
Ketrampilan Presentasi
Ketrampilan Bertanya
Skor
Nilai
1

0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2


2


















3


















4


















5


















6


















Aspek yang dinilai dapat disesuaikan
Keterangan :
Ø  Skor 0 : tidak terampil menggunakan alat/tidak mengumpulkan data/tidak ada pengolahan data /tidak  melakukan  presentasi/tidak  bertanya
Ø  Skor 1 : kurang terampil menggunakan alat/mengumpulkan data kurang lengkap/pengolahan data kurang sempurna/kurang aktif dalam melakukan presentasi/jarang bertanya
Ø  Skor 2 : terampil menggunakan alat/mengumpulkan data lengkap/ada pengolahan data /sering bertanya
Jumlah skor maksimum = 10
                                                 Jumlah Skor perolehan
Nilai yang dicapai     =                                                  X  100
                                                        Skor Maksimal

Keterangan nilai :

90 – 100 = A
70 – 80 = B
50 – 60 = C
Kurang dari 50 = D
Catatan :
Instrumen penilaian yang lain terlampir yang disesuaikan dengan materi pelajaran atau yang dinilai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bioteknologi “Peran Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam”

MAKALAH BIOTEKNOLOGI  “ Peran   Pseudomonas sp. Dalam Bioteknologi Bioremediasi Limbah Plastik dan Styrofoam ”                  Mata Kuliah          : Bioteknologi           Dosen Pengampu      : Ina Rosdiana Lesmanawati, M.Si    Disusun Oleh : AENUL FAHMI KHALIK (14121610738) BIOLOGI C/ VI TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 PEMBAHASAN A.     Bioteknologi dan Bioremediasi Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme untuk mengurangi polutan di lingkungan. Saat bioremediasi terjadi, enzim-enzim yang diproduksi oleh mikroorganisme memodifikasi polutan beracun dengan mengubah struktur kimia polutan tersebut, sebuah peristiwa yang disebut biotransformas...

MAKALAH KURIKULUM 2013

MAKALAH KURIKULUM 2013 Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah pengantar pendidikan semester 1 Dosen Pembimbing : H. Syamsuni , M.pd   Di susun oleh : Nama : Eva Shaumitaria PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRALODRA 2017/2018 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya Kapanjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah tetentang kurikulum 2013 .             Semoga makalah ini dapat memberikan pengetahuan yang lebih luas kepada pembaca. Akhir kata saya berharap semoga makalah tentang kurikulum 2013 ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.         ...

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN

MAKALAH METODOLOGI PENELITIAN DESAIN PENELITIAN EVALUATIF PENDIDIKAN Diajukan guna memenuhi tugas terstruktur Mata Kuliah: Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi Dosen Pengampu: Edy Chandra, S.Si, M.A   Disusun oleh: KELOMPOK 4 AENUL FAHMI KHALIK ADE IDRUS HARIRI DEA RIZKI Z IIN I’ANAH LILIS AGUSTINA SYIFA MUSTIKA USWATUH S BIOLOGI C/6 TADRIS IPA-BIOLOGI FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SYEKH NURJATI CIREBON 2015 BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Penelitian dilakukan berdasarkan atas keingintahuan ataupun ketertarikan seseorang terhadap sesuatu. Metode berpikir ilmiah pada dasarnya adalah sejumlah pengetahuan yang berkaitan dengan jalan atau cara yang ditempuh oleh pikiran manusia untuk mencapai kesimpulan atau putusan yang sah dan benar. Penelitian merupakan aktivitas ilmiah yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan...