1. Penilaian
Afektif /sikap
No
|
Nama
|
Aspek Yang Dinilai
|
||||||||||||||||
Ketrampilan Bertanya
|
Ketrampilan Berkomunikasi
|
Kerja Sama
|
Ketepatan Waktu
|
Partisipasi
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
1
|
BUDI |
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||
6
|
Aspek yang dinilai dapat disesuaikan
Keterangan :
Rubrik :
Keterampilan Bertanya
1. Tidak bertanya.
2. Pertanyaan melenceng dari topic
materi yang diangkat.
3. Pertanyaan sesuai dengan topic
materi yang diangkat.
Keterampilan
mengkomunikasikan
1. Jika penyampaian tidak interaktif
dengan audience.
2. Jika penyampaian kurang interaktif
dengan audience.
3. Jika penyampaian interaktif dengan
audience.
Ketepatan waktu
1. Jika lewat 10 menit dari waktu yang disepakati
dalam proses diskusi
2. Jika lewat 5 menit dari waktu yang
disepakati dalam proses diskusi.
3. Jika tepat dengan waktu yang
disepakati dalam proses diskusi
Partisipasi
1.
Jika
tidak berpastisipasi aktif dalam proses diskusi maupun Tanya jawab.
2.
Jika
kurang berpastisipasi aktif dalam proses diskusi maupun Tanya jawab.
3.
Jika
sangat berpastisipasi aktif dalam proses diskusi maupun Tanya jawab.
Ø Skor 0
: tidak lengkap/tidak rapi/tidak ada kerja sama/tidak
tepat waktu/tidak partisipasi
Ø Skor 1
: kurang lengkap/kurang rapi/kurang ada kerja sama/kurang
tepat waktu/kurang partisipasi
Ø
Skor 2 :
lengkap/rapi/kerja sama baik /tepat waktu/partisipasi baik
Jumlah skor maksimum = 10
Jumlah Skor perolehan
Nilai yang dicapai =
X 100
Skor Maksimal
Keterangan nilai :
90 – 100 = A
70 – 80 = B
50 – 60 = C
Kurang dari 50 = D
2.
Penilaian Psikomotorik
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
||||||||||||||||
Ketrampilan Menggunakan alat
|
Ketrampilan pengumpulan data
|
Ketrampilan Pengolahan Data
|
Ketrampilan Presentasi
|
Ketrampilan Bertanya
|
Skor
|
Nilai
|
||||||||||||
1
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
|||
2
|
||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||
6
|
Aspek yang dinilai dapat disesuaikan
Keterangan :
Ø Skor 0 : tidak
terampil menggunakan alat/tidak mengumpulkan data/tidak ada pengolahan data /tidak
melakukan presentasi/tidak bertanya
Ø Skor 1 : kurang
terampil menggunakan alat/mengumpulkan data kurang lengkap/pengolahan data
kurang sempurna/kurang aktif dalam melakukan presentasi/jarang bertanya
Ø Skor 2 : terampil
menggunakan alat/mengumpulkan data lengkap/ada pengolahan data /sering bertanya
Jumlah skor maksimum = 10
Jumlah Skor perolehan
Nilai yang dicapai =
X 100
Skor Maksimal
Keterangan nilai :
90 – 100 = A
70 – 80 = B
50 – 60 = C
Kurang dari 50 = D
Catatan :
Instrumen penilaian yang lain
terlampir yang disesuaikan dengan materi pelajaran atau yang dinilai
Komentar