MAKALAH
DASAR-DASAR ORAGANISASI DAN MANAJEMEN
“ORGANISASI DAN FUNGSINYA”
Diajukan guna memenuhi tugas terstruktur
Mata Kuliah Dasar-dasar Organisasi dan Manajemen
Dosen Pengampu: Idah Hamidah, M.Pd

Disusun oleh:
AENUL
FAHMI KHALIK (842050717019)
INDRA KURNIAWAN
(842050114013)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS
WIRALODRA
2019
KATA
PENGANTAR
Puji syukur senantiasa kami ucapkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Karena atas
segala rahmat, petunjuk, dan karunia-Nya sehingga kami dapat
menyelesaikan makalah ini untuk memenuhi tugas Dasar-dasar Organisasi dan Menejemen. Makalah ini dapat digunakan
sebagai bahan untuk menambah pengetahuan, sebagai sarana belajar, dan sebagai
referensi tambahan dalam belajar Materi Organisasi dan Fungsinya.
Ucapan terima kasih kami ucapkan
kepada semua yang telah membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan
penulisan makalah ini. Segala upaya telah dilakukan untuk menyempurnakan
makalah ini, namun tidak mustahil apabila dalam makalah ini masih banyak
terdapat kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik
dan saran yang dapat dijadikan masukan dalam penyempurnaan Makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat
bagi kita semua untuk menambah pengetahuan dan wawasan tentang Organisasi
dan Fungsinya, Amin.
Indramayu, Maret 2019
Penyusun
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar ........................................................................................................
i
Daftar
Isi ................................................................................................................
ii
BAB I Pendahuluan
A. Latar
belakang ........................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah ..................................................................................... 1
C. Tujuan ..................................................................................................... 1
BAB II Pembahasan
A. Pengertian
Organisasi ………....................................................................
2
B. Fungsi
Organisasi ....................................................................................... 5
BAB III Penutup
A. Kesimpulan
................................................................................................ 6
Daftar Pustaka ..................................................................................................... 7
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Organisasi
adalah suatu hal yang tidak asing lagi bagi
kita dan masyarakat luas, sebab hampir di setiap
lapisan elemen masyarakat memiliki
organisasi untuk menjalankan suatu tujuan yang ingin dicapai. Setiap orang
memiliki dasar untuk memimpin yang juga merupakan bagian dari organisasi, paling
tidak setiap masing-masing orang memimpin dirinya sendiri dalam menjalankan
kehidupan sehari-hari.
Di jaman sekarang ini juga organisasi semakin
berkembang, karena organisasi sangat di perlukan pada hidup bermasyarakat, dan
juga tata kerja dalam pembagian tugas baik secara individual, maupun secara sosial
(bersama-sama). Maka dari itu penting bagi kita, mempunyai pengetahuan tentang
organisasi, manajemen, maupun tata kerja. Agar dapat mengembangkan potensi diri
sebaik mungkin, terutama dalam keorganisasian.
B. Rumusan
Masalah
1. Pengertian organisasi?
2. Fungsi organisasi?
C. Tujuan
1. Agar dapat mengetahui pengertian dari organisasi.
2. Agar dapat mengetahui fungsi dari organisasi.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Organisasi
Organisasi adalah sebuah kelompok terdiri dari
beberapa individu yang berkumpul atau dikumpulkan untuk mencapai tujuan
tertentu. Jumlah individu ini sangat beraneka ragam antara organisasi yang satu
dengan organisasi yang lain. Disisi lain organisasi juga disebut sebuah wadah
atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan
sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu
dengan memanfaatkan sumber daya yang ada (Wiryanto, 2006).
Menurut Victor A Thompson dalam Wiryanto
(2006), pengertian organisasi adalah suatu integrasi dari sejumlah
spesialis-spesialis yang bekerja sama dengan sangat rasional dan impersonal
untuk mencapai beberapa tujuan spesifik yang telah diumumkan sebelumnya.
Sedangkan Menurut pandangan Richard Scott dalam
Wiryanto (2006) pengertian organisasi adalah suatu kelompok yang sengaja dibentuk untuk mencapai suatu
tujuan khusus, yang sedikit banyak didasarkan pada asas kelangsungan.
Menurut Max Weber dikutip dari laman maxmanroe.com () pengertian organisasi
adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang,
dan tanggung jawab serta pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.
Adapun beberapa ahli dalam negeri seperti Drs. H. Malayu S,P,
Hasibuan dikutip dari laman maxmanroe.com () pengertian organisasi adalah sebagai proses penentuan,
pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktivitas yang diperlukan untuk
mencapai tujuan bersama.
Sedangkan
menurut Prof. Dr. Sondang P. Siagian dikutip dari laman maxmanroe.com () pengertian organisasi
adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang / lebih yang saling
bekerjasama serta terikat secara formal dalam rangka melakukan pencapaian
tujuan yang sudah ditentukan dalam ikatan yang ada pada seseorang atau beberap
orang yang dikenal sebagai atasan dan seorang atau kelompok orang yang dikenal
sebagai bawahan.
Pada hakekatnya dari keseluruhan pendapat ahli
mengenai apa itu maksud dan pengertian organisasi merupakan
sekumpulan/sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan
untuk bekerjasama dengan pembagian atau alokasi tugas dan tanggung jawab
tertentu dalam system koordinasi, kooperatif, dorongan-dorongan, dan pengaturan
guna memudahkan pencapaian beberapa tujuan yang telah ditetapkan.
Mengacu pada pengertian organisasi, organisasi tentunya
memiliki tujuan yang tentunya seiring dengan apa yang terdapat pada visi dan
misi sebuah organisasi tersebut. Dikutip dari laman maxmanroe.com () secara garis besar tujuan organisasi tersebut
adalah, sebagai berikut:
1. Sebagai wadah untuk bersama-sama mencapai tujuan
dengan efektif dan efisien,
2. Mengingkatkan kemampuan, kemandirian dan sumber daya
yang dimiliki,
3. Sebagai wadah bagi individu-individu yang ingin
memiliki jabatan, penghargaan dan pembagian kerja,
4. Sebagai wadah untuk mencari keuntungan secara
bersama-sama,
5. Berpedan dalam pengelolaan lingkungan secara
bersama-sama,
6. Membantu individu-individi untuk menambah pergaulan
dan memanfaatkan waktu luang dengan baik, dan
7. Sebagai wadah untuk memiliki kekuasaan dan pengawasan.
Organisasi pun
berdasarkan dari beberapa pengertian dan tujuannya tentunya memiliki
beberapa ciri-ciri organisasi. Beberapa ciri-ciri organisasi yang dikutip dari
laman elqorni.wordpress.com (2012),
antara lain sebagai berikut:
1. Terdiri dari sekelompok orang
Sebuah organisasi pasti memiliki anggota yang terdiri dari dua orang
atau lebih.
2. Memiliki tujuan
Memiliki tujuan bersama yang ingin diwujudkan, dengan adanya tujuan
tersebut, para anggota organisasi akan saling bahu membahu dalam melakukan
usaha untuk mencapai tujuan tersebut.
3. Saling bekerjasama
Untuk mencapai tujuan organisasi maka para anggotanya harus saling
bekerjasama. Tanpa adanya kerjasama antar anggota organisasi maka tujuan tidak
dapat tercapai secara efektif dan efisien.
4. Adanya peraturan
Setiap organisasi pasti memiliki peraturan masing-masing. Peraturan ini
bertujuan untuk mengatur dan membatasi sumberdaya yang dimiliki agar saling
bersinergi dalam proses pencapaian tujuan dan menciptakan manajemen yang baik
dalam organisasi.
5. Pembagian tugas dan tanggungjawab
Dengan adanya peraturan tentu harus disertai dengan pembagian tugas dan
tanggungjawab yang jelas pada setiap anggota organisasi. Pembagian tugas
tersebut bisa dilakukan dengan pembentukan beberapa divisi yang
bertanggungjawab pada beberapa tugas dan tanggungjawab.
Agar sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik maka
harus terdapat beberapa unsut penting di dalamnya. Berikut beberapa unsur-unsur
penting di dalam sebuah organisasi dikutip dari laman ais-zakiyudin.blogspot.com (2012), secara umum, antara lain:
1. Personil (Personal)
Ini adalah unsur terpenting di dalam sebuah organisasi dimana
masing-masing personil memiliki tingkatan dan fungsi tersendiri.
2. Kerjasama (Team
Work)
Organisasi hanya bisa mencapai tujuan bersama bila para anggotanya
melakukan tugas dan tanggungjawab secara bersama-sama.
3. Tujuan Bersama
Ini adalah sasaran yang ingin dicapai oleh sebuah organisasi, baik dari
sisi prosedur, program, pola, hingga hasil akhir dari pekerjaan organisasi
tersebut.
4. Peralatan (Equipment)
Untuk mencapai tujuan diperlukan sarana dan prasarana berupa kelengkapan
sebuah organisasi, seperti; kantor/ gedung, material, uang, sumber daya
manusia, dan lainnya.
5. Lingkungan (Environment)
Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada sebuah organisasi.
Misalnya sosial budaya, kebijakan, anggaran, peraturan, dan kondisi ekonomi.
B. Fungsi
Organisasi
Sebuah oraganisasi tentunya memiliki fungsi, sebagaiman organisasi
tersebut dalam menjalankan suatu yang ingin dicapainya seperti tujuan-tujuan
organisasi yang ada, organisasi memiliki beberapa fungsi. Berikut fungsi
orgasnisasi secara umum menurut Wiryanto
(2006) antara lain:
1. Fungsi organisasi yang pertama adalah untuk memberikan
arahan dan pemusatan kegiatan organisasi, mengenai apa yang seharusnya
dilakukan dan tidak dilakukan oleh organisasi,
2. Fungsi organisasi yang kedua yaitu dapat meningkatkan
kemampuan anggota organisasi dalam mendapatkan sumber daya dan dukungan dan
lingkungan masnyarakat, dan
3. Fungsi organisasi yang berikutnya dalah dapat
memberikan pengetahuan yang baru kepada anggotanya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari materi Organisasi dan Fungsinya dapat diambil
kesimpulan sebagai berikut:
1. Organisasi merupakan sekumpulan/sekelompok orang (dua
atau lebih) yang secara formal dipersatukan untuk bekerjasama dengan pembagian
atau alokasi tugas dan tanggung jawab tertentu dalam sistem koordinasi,
kooperatif, dorongan-dorongan, dan pengaturan guna memudahkan pencapaian
beberapa tujuan yang telah ditetapkan. Di dalam sebuah organisasi juga memiliki
tujuan, ciri-ciri dan unsur-unsur penting di dalamnya.
2. Organisasi memiliki fungsi yang sangat penting, secara
garis bersar yaitu: a) Untuk memberikan arahan dan pemusatan kegiatan
organisasi, mengenai apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan oleh
organisasi; b) Dapat meningkatkan kemampuan anggota organisasi dalam
mendapatkan sumber daya dan dukungan dan lingkungan masnyarakat; c) Dapat
memberikan pengetahuan yang baru kepada anggotanya.
DAFTAR PUSTAKA
Elqorni, Ahmad. 2012. Fungsi Organizing Dalam Manajemen Pertemuan –
organizing-dalam-manajemen-pertemuan (akses pada 18 Maret 2019)
Maxmanroe. 2019. Pengertian
Organisasi, Tujuan, Ciri-Ciri, dan Unsur-Unsur
Organisasi.
Di https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-
organisasi.html (akses pada 18 Maret 2019)
Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu
Komunikasi. PT GRASINDO : Jakarta.
Zakiyudin, Ais. 2015. Fungsi Tujuan Dalam Organisasi. Di http://ais-
zakiyudin.blogspot.com/2015/ (akses pada 18 Maret 2019)
Komentar